Penyebab Sinyal 4G Hilang di HP xiaomi oppo samsung

10 Penyebab Sinyal 4G Hilang di HP Xiaomi, Oppo, Samsung

Sumber78.com – Banyaknya penyebab sinyal 4G hilang di hp xiaomi oppo samsung tentu menyebalkan karena tiba-tiba muncul. Apalagi tidak peduli apa merek atau brand smartphone, dapat terkena masalah serupa. Gangguan ini membuat akses internet terhambat.

Walaupun memiliki banyak kuota internet, tapi tidak dapat mengaksesnya sama sekali. Kejadian ini tidak sedikit yang mengalami dan terjadi pada berbagai tempat. Karena menjadi masalah umum, dapat kembali dengan sendirinya.

Meski begitu terkadang butuh waktu lebih lama sehingga perlu mengatasi dengan cepat. Memahami berbagai faktor penyebabnya dapat membantu Anda untuk memperbaikinya. Tentu jika mengalami masalah ini lagi tidak akan kebingungan.

Penyebab Sinyal 4G Hilang di HP Xiaomi, Oppo, Samsung

Kehilangan sinyal pada ponsel 4G dapat terjadi karena faktor cuaca maupun tempat. Tapi sebenarnya masih banyak masalah lain mempengaruhi kondisi jaringan Anda. Berikut ini beberapa sebab hilangnya jaringan 4G smartphone:

1. Lokasi Sinyal Lemah

Untuk penyebab sinyal 4G hilang di hp pertama yakni karena lokasi jaringannya lemah. Umumnya jika set lokasi ponsel tidak benar, jaringan menghilang. Untuk mengatasinya perlu mengubah menjadi lokasi yang tepat.

Anda dapat menemukan pengaturannya melalui Settings atau Pengaturan. Lalu menuju Setelan Tambahan dan mencari Locate atau Lokasi smartphone. Mungkin saat pertama kali membuka lokasinya Indonesia, cobalah ganti wilayah lain.

Tentu tidak perlu mengganti dari wilayah terlalu jauh, misalnya menggunakan Bangkok di Thailand. Secara otomatis kekuatan jaringannya menguat sehingga menjadi 4G kembali. Jika belum berhasil, aktifkan mode pesawat terlebih dulu.

2. Jaringannya 2G atau 3G

Salah satu penyebab sinyal 4G hilang di hp adalah jaringan terkunci pada 2G maupun 3G. Hal ini mengganggu karena tidak mungkin mengakses 4G. Untuk mengatasinya, perlu mengunci ke 4G Only.

Tujuannya supaya tidak beralih ke 2G maupun 3G meski sinyalnya sedang berkurang. Biasanya dapat Anda lakukan jika menuju wilayah dengan jaringan lumayan sulit. Kalau perlu restart ponsel dulu sebelum mengunci.

3. Maintenance Dari Operator

Operator seringkali melakukan maintenance untuk memperbaiki sistem atau layanan. Tapi bagi para pengguna cukup buruk karena merupakan penyebab sinyal 4G hilang di hp. Bahkan terkadang kesulitan mengakses internet seharian.

Manfaat dari maintenance ini mampu membuat peningkatan kualitas jaringan terjadi. Jika sedang dilakukan secara besar-besaran, pastinya perlu bersabar. Umumnya dapat terjadi selama beberapa jam sehingga harus menunggu.

4. Kartu SIM Belum Support 4G

Mengganti kartu SIM menjadi pilihan karena kartu yang Anda gunakan belum support 4G. Tapi penyebab lainnya lokasi tempat Anda tinggal belum ada jaringan tersebut. Wajar provider sulit untuk di akses.

Kemudian bagaimana cara mengembalikan jaringan 4G yang hilang? Memastikan SIM bisa mengakses jaringan yang Anda inginkan menjadi jawabannya. Jika provider sekarang tidak dapat mengaksesnya, harus mengganti yang sudah 4G saja.

Solusi ini penting karena mampu menjamin jangkauan sinyalnya semakin luas. Salah satu provider yang telah memperoleh jangkauan terluas adalah Telkomsel. Sebelum penggantian, pastikan untuk menyesuaikan provider dengan kebutuhan.

5. Cuaca Sedang Buruk

Cuaca buruk masih menjadi penyebab sinyal 4G hilang di hp yang biasa Anda temukan. Alam dan lingkungan terkadang tidak terkendali. Jika mengalami cuaca buruk seperti hujan atau salju tentu mempengaruhi.

Koneksinya akan terasa sangat buruk bahkan terkadang hilang sepenuhnya. Hal ini dapat terjadi karena smartphone pada dasarnya memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Jika ada gangguan pada cuaca, penerimaan jaringan bermasalah.

6. Baterai yang Lemah

Saat mencari penyebab sinyal 4G hilang di hp, jangan salah jika baterai lemah mempengaruhi. Tapi tidak terjadi pada semua orang maupun setiap jenis hp. Artinya tergantung kondisi ponsel yang digunakan.

Jaringan buruk juga bisa membuat baterai yang Anda gunakan terkuras semakin cepat. Inilah alasannya kebanyakan orang lebih memilih mengandalkan WiFi. Terutama karena memiliki jaringan stabil sehingga baterai lebih awet.

7. Berada di Ruangan Tertutup

Penyebab sinyal 4G hilang di hp yang umum muncul yakni saat berada dalam ruangan tertutup. Jika menyinggahi tempat yang menghalangi sinyal tentu buruk. Terutama karena rasanya melambat sebelum akhirnya putus,

Umumnya bangunan yang menjadi penghalang jaringan terbuat dari beton, kaca, baja maupun batu bata. Pengaruhnya cukup besar sehingga kesulitan mengakses jaringan. Apalagi jika terbuat dari logam, aksesnya tidak mungkin terjadi.

Untuk mengatasinya sebenarnya tidak sulit karena dapat menuju daerah dekat jendela. Hal ini efektif untuk mengatasi pemblokiran sinyal. Nantinya akan muncul kembali jaringan sehingga dapat mengakses internet pada smartphone.

8. Antena Terblokir

Jika smartphone Anda terblokir antenanya, tentu menjadi penyebab jaringan 4G hilang timbul. Walaupun tidak kelihatan, tapi faktanya semua smartphone punya antena. Umumnya masalah terblokir penyebabnya karena penggunaan aksesori.

Artinya jangan menggunakan aksesori yang membuat sinyal terblokir. Casing ponsel menjadi penyebabnya sehingga harus memilih dari bahan tepat. Kalau perlu pastikan tidak memblokir antena tapi tetap memiliki bahan kuat.

9. Kabel Bawah Laut Putus

Kabel bawah laut yang terputus termasuk penyebab sinyal 4G hilang di hp. Mungkin tidak Anda rasakan atau lihat secara langsung. Meski begitu mengganggu karena untuk mengatasinya membutuhkan waktu cukup lama.

Walaupun jarang terjadi, tapi sebenarnya terdapat beberapa kasus muncul. Misalnya karena terputusnya kabel fiber optik bawah lautnya. Karena tidak sering terjadi, tentu bukan menjadi salah satu kekhawatiran yang besar.

10. Kerusakan Hardware

Terakhir, jika Anda mengalami kerusakan hardware maupun perangkat tentu perlu diwaspadai. Terutama karena menyebabkan ponsel kesulitan mengakses internet. Untuk mengatasinya tentu dengan melakukan servis sehingga normal kembali.

Pada dasarnya modul atau alat penangkap sinyal dapat mengalami kerusakan. Walaupun kondisinya baru menurun sekalipun memiliki dampak yang sama. Tentu tidak disarankan untuk membiarkannya sehingga perlu segera memperbaikinya.

Berbagai sebab 4G menghilang tentu memiliki cara menyelesaikan berbeda-beda. Faktanya selalu berhasil karena mudah melakukannya dan akurat. Jadi, jika muncul penyebab sinyal 4G hilang di hp bisa segera Anda atasi.