7 Masakan Indonesia yang paling populer sampai ke manca negara

7 Masakan Indonesia yang mendunia – Indonesia adalah salah satu negara di Asia yang terkenal di dunia karena banyaknya menu masakan dan makanan dengan berbagai cita rasa dan bumbu yang khas. Banyaknya keanekaragaman makanan inilah yang juga menjadi tujuan para wisatawan mancanegara pada saat berkunjung ke Indonesia.

Bahkan beberapa menu ini sudah banyak dibawa ereka kembali ke nengaranya dan diadopsi oleh beberapa restoran ternama di dunia.

Jadi, kita wajib ikut melestarikan menu masakan Indonesia dan ikut membuatnya makin terkenal di Dunia, kita wajib Bangga dengan masakan lokal dalam negeri.

7 masakan Indonesia yang paling terkenal dan di cari di dunia

Beberapa waktu yang lalu, sempat dilakukan survey oleh pengamat dari luar negeri tentang makanan Indonesia apa yang paling populer di dunia, dan ternyata yang menduduki peringkat pertama adalah Rendang.

Ya , makanan olahan daging khas dari daerah sumatera ini menjadi pilihan pertama masyarakat dunia karena cita rasanya yang khas dan masih bisa diterima oleh lidah masyarakat dunia. Nah ..selain rendang kira kira makanan apa lagi ya yang sudah terkenal di dunia, kira-kira kita sudah pernah mencicipnya semua belum ya? Yuk kita simak..

1. Rendang

Masakan olahan daging khas daerah sumatera ini sudah sangat dikenal baik di kalangan pecinta kuliner lokal maupun luar negeri. Hampir disetiap restiran minang menu ini menjadi salah tu menu wajib yang arus ada.

Makanan olahan daging yang diolah menggunakan bumbu dan rempah rempah pilihan menghasilkan cita rasa aroma yang khas dan. Dan ternyata cita rasa rendang inipun bisa diterima oleh lidah di seluruh dunia. Bahkan saat ini sudah banyak restauran di beberapa negara yang menyajikan rendang sebagai salah satu menu pilihannya.

2. Nasi Goreng

Nasi goreng menjadi populer sekali pada saat mantan presiden Amerika Serikat Barrack Obama singgah ke Indonesia dan menyebutkan bahwa nasi goreng adalah salah satu menu favoritnya.

Rasa dari nasi yang di goreng bersama kecap dan saus tomat ,ditambah dengan irisan daging ayam dan beberapa bumbu dan rempah-rempah ini ternyata sangat mudah diterima oleh lidah orang orang dari seluruh dunia.

3. Sate

Sate adalah daging yang dipotong kecil-kecil berbentuk persegi dan dibakar dengan dilumuri racikan bumbu rempah dan kecap manis. Di Indonesia sendiri varian sate sangat banyak sekali, beberapa yang paling populer diantaranya adalah sate padang, sate madura atau sate kerbau khas kudus.

Biasanya disajikan bersama nasi atau lontong dengan bumbu kacang atau kecap sebagai tambahan rasanya.

Baca Juga : Mencicipi Sate Sapi Khas Blora, Sensasi Berbeda Sajian Sate Berkuah Khas dari Blora

4. Soto

Soto atau sejenis sup daging tradisional dengan berbagai macam variasi penyajian dan bumbu dari seluruh pelosok nusantara.

Penyajian soto biasanya tergantung dari daerah mana asal soto tersebut. Beberapa soto tersaji khas dengan tambahan kaldu ayam, kaldu kambing atau sapi dan beberapa diantaranya ada yang menggunakan santan kelapa sehingga terlihat sangat kental untuk kuahnya.

Soto yang sangat dikenal saat ini yaitu soto padang, soto lamongan, soto betawi dan soto kudus .

Baca Juga : Kuliner khas Kota Kudus Yang Wajib Dicoba Saat Mudik

5. Gulai

Gulai sebetulnya hampir mirip dengan masakan kari. Masakan khas dari Sumatera Utara ini saat ini hampir pasti bisa anda temui di setiap restauran masakan minang.

Variasi gulai bisa menggunakan daging sebagai menu utamanya atau ikan sebagai variasi lainnya. Gulai sebetulnya hampir mirip dengan opor. Namun penambahan beberapa rempah dan teknik pemasakannya membuat gulai sedikit memiliki cita rasa yang lebih khas dibanding opor.

6. Gudeg

Nah, jika anda pernah berwisata ke kota Jogjakarta maka tak akan asing dengan masakan yang satu ini. Sayur nangka yang direbus selama ber jam-jam dalam olahan bumbu, santan dan gula aren membuatnya menjadi memiliki tekstur yang lembut dan manis saat dinikmati.

Daun jati ditambahkan saat proses perebusan nangka membuat warna menjadi terlihat lebih gelap. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi uduk, telor dan sambal goreng tahu.

7. Tempe

Tempe adalah makanan yang diolah dari fermentasi biji kedelai. Harganya yang ekonomis dan mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan membuat tempe menjadi salah satu hidangan yang paling sering ada di setiap rumah tangga ataupun restoran di Indonesia.

Beberapa menu masakan yang paling populer menggunakan bahan dasar tempe adalah Tempe mendoan khas purwokerto, Tempe orek, kripik tempe, dll.

Nah gimana? Sudah pernah mencoba semua rasa makanan itu belum? Gimana menurut kamu? Kira kira makanan khas dari daerah kamu bisa terkenal ke dunia juga nggak ya? Yuk kita populerkan makanan khas daerah kita masing masing..biar Indonesia makin dikenal karena hal positifnya.

(S78)

1 thought on “7 Masakan Indonesia yang paling populer sampai ke manca negara

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: