Candi Borobudur , 7 Keajaiban dunia yang tak pernah bosan untuk dinikmati

Travelling
Keindahan candi Borobudur
Candi Borobudur

Seribu kisah tentang keindahan candi seribu candi ini telah banyak yang mendengar. Termasuk bagian daei 7 Keajaiban dunia buatan manusia yang tak pernah membosankan untuk dinikmati.

Wisata ke candi Borobudur kali ini adalah kunjungan wisata yang kesekian kali buat saya. Meskipun sudah beberapa kali berkunjung ke Borobudur, namun rasa puas untuk menikmati kecantikan candi ini masih tak pernah terasa bisa terpuaskan.

Kunjungan pertama yang aku ingat adalah saat masih di taman kanak-kanak. Kunjungan wisata pendidikan “wajib” bagi anak yang diakui untuk belajar ke jenjang yang lebih tinggi.

Dan baru datang kembali pada saat kebetulan bekerja di sekitar kota magelang. Wisata bersama pacar kalau ngga salah waktu itu. Sayangnya, kenangan foto satupun tak aku temukan karena pada saat putus semua kenangan diminta untuj dihapuskan oleh sang mantan..sedihnya ..

Dan 3 kunjungan terakhir adalah bersama anak dan istri tercinta. Karena sangat indah dan tak cukup satu kali rasanya untuk menikmati setiap sudut keindahan Candi Borobudur. Maka kami beberapa kali memutuskan berwisata kembali ke Borobudur.

Meskipun sebetulnya, letak Candi Borobudur yang berada di kota magelang ini mempunyai jarak yang cukup jauh dari kota asal kami di Kudus. Jika ditempuh mwnggunakan mobil mungkin membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Inipun sekarang sudah sangat terbantu karena ada tol Semarang – Bawen yang sangat mempersingkat waktu perjalanan.

Sangat menyenangkan jika berkunjung ke suatu tempat wisata kita bisa menikmati tanpa adanya hal-hal yang mengganggu kenyamanan. Hal yang paling saya kurang sukai jika sedang berwisata ke suatu tempat, adalah seringnya pedagang asongan yang memaksakan untuk kita membeli dagangannya. Tetapi jangam kuatir mengenai hal itu, di kawasan Borobudur sepertinya sudah dibuat peraturan oleh pengelola mengenai mekanisme berjualan para pedagang asongan, bahkan disini dibuatkan tempat khusus untuk mereka berdagang.

Borobudur selalu berbenah, dari setiap kunjungan rasanya ada yang selalu berbeda. Pihak pengelola sepertinya serius untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pengunjungnya. Baik dari sisi keindahan candi, fasilitas, dan pelayanan ke pengunjung dari waktu ke waktu semakin meningkat.

Sebagai salah satu Ikon Jawa Tengah dan juga Indonesia, sudah sepatutnya kita juga ikut menjaga kelestarian Candi Borobudur. Sebagai warisan budaya yang berumur ratusan tahun, tentunya butuh perlakuan dan perawatan yang baik.

Tulisan ini adalah bentuk persembahan dan kebanggaan saya untuk keindahan Candi Borobudur. Agar dunia semakin mengenal Candi Borobudur. Dan agar generasi penerus juga tahu, bahwa Indonesia mempunyai sebuah warisan budaya leluhir yang sangat luar biasa.

Mari ajak keluarga untuk tetap mengenang sejarah dan budaya Leluhur kita.

“Wonderful Indonesia”

(SC)

3 thoughts on “Candi Borobudur , 7 Keajaiban dunia yang tak pernah bosan untuk dinikmati

  1. Dulu waktu saya SD, bolak-balik saya wajib study tour sekolah ke Borobudur dan Prambanan. Dan nggak pernah bosan. Sekarang setelah kerja, malah sudah nggak pernah ke sana lagi.

    1. Wajib kesana lagi mbak..tambah bagus kok penataannya.. sedikit kurang menyenangkan adalah akses keluar yang muter2 kayak ular tangga..hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *