Hemat Belanjakan THR Lebaran, ini Tips-nya

Lifestyle

Hemat Belanjakan THR Lebaran – Lebaran sebentar lagi..hati senang karena THR sudah di tangan. Bagi anda karyawan swasta maupun PNS.

tips hemat belanjakan THR
THR

Lebaran sebentar lagi..hati senang karena THR sudah di tangan. Bagi anda karyawan swasta maupun PNS

Eits.. tapi tunggu dulu..

Meskipun menjelang lebaran ada uang THR, tapi biasanya kebutuhan menjelang lebaran pun menjadi berlipat lipat. Terkadang tanpa kita sadari uang gajian bercampur THR mendadak ludes tanpa sadari karena asiknya berbelanja.

Untuk itu kita perlu trik dan siasat jitu memanfaatkan uang THR dan gajian menjelang lebaran.

Berikut ini tips sederhana berdasarkan pengalaman saya saat menerima uang gajian dan THR :

  • Hitungah jumlah total gaji + uang tunjangan lebaran anda (THR). Agar nantinya tidak kebablasan atau bahkan kekurangan dana saat mempersiapkan moment lebaran sebelum dan sesudah hari raya. Total pendapatan ini harus dalam angka yang aman untuk persiapan lebaran nantinya.
  • Buatlah daftar belanja kebutuhan lebaran anda dan keluarga, misalnya untuk persiapan belanja makanan dan pakaian menjelang lebaran. Lalu buatlah skala prioritas mana yang harus anda dahulukan belanja atau barang apa yang bisa anda abaikan dulu untuk saat ini.

HATI – HATI dengan godaan angka diskon besar besaran yang sering anda lihat di mall atau supermarket. Karena berdasarkan yang saya alami, entah ini saya yang salah atau tidak, sepertinya harga barang ang diberi diskon sudah disesuaikan angkanya, jadi meskipun angka diskon terlihat besar, tetapi harga jatuh barang ternyata tidak terlalu murah ( ini menurut saya ). Dan selalu Pastikan jika anda akan berbelanja, itu sesuai dengan kebutuhan anda saat ini.

  • Buatlah daftar rencana kegiatan anda saat lebaran nanti, lebaran biasanya identik denga mudik dan silaturahmi ke tempat saudara. Tentunya untuk hal ini yang kita butuhkan adalah alat transportasi termasuk bbm dan keperluan pendamping seperti konsumsi di perjalanan nanti. Tentukan besarnya biaya yang akan dikeluarkan, apakah perlu sewa kendaraan, berapa persiapan konsumsi bbm dll. Pastikan anda punya perkiraan total biaya yang akan anda keluarkan, sehingga nantinya pengeluaran ini bisa masuk ke budged gaji dan pendapatan anda saat ini .
  • Angpao lebaran, sudah jadi tradisi apabila saat lebaran kita juga berbagi kebahagiaan dengan saudara yang lain dengan berbagi uang ke saudara, keponakan, anak atau cucu. Pastikan anda juga sudah memperhitungkan hal ini dari total budged lebaran yang sudah anda persiapkan.
  • Jangan lupa, kewajiban untuk berzakat juga harus dianggarkan ya gaes agar rejeki kita setahun kedepan tetap diberi kemudahan dan kelancaran rizki yang berlimpah.

  • Terakhir, hitunglah secara total semua perkiraan pengeluaran yang akan anda keluarkan. Pastikan jumlah tersebut masih di bawah budged lebaran anda. Pepatah besar pasak daripada tiang ternyata sangat perlu kita terapkan disini. Jangan sampai lebaran malah berakhir dengan menambah hutang dan masalah di belakang hari.

Demikian tips singkat dari saya, bagikan pengalaman anda dalam mempersiapkan lebaran kepada saya disini. Agar lebaran tahun depan saya dan kita semua bisa lebih menikmati lebaran tana khawatir soal budged dan THR yang kurang.

Selamat berlebaran, salam untuk keluarga kita semua.

Penulis,

AB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *