Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran, perjalanan tenang rumahpun aman.

tips mudik meninggalkan rumah
tips meninggalkan rumah

Meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman sebagian besar pasti dilakukan bagi mereka yang merantau atau bekerja di luar daerah asalnya.

Biasanya rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong oleh para penghuninya. Dan moment seperti inilah yang seringkali dimanfaatkan oleh para pelaku kriminal untuk menguras isi rumah yang kosong tersebut.

Selain itu resiko terjadinya kebakaran saat rumah ditinggalkan juga perlu kita hindari.

Tentunya, agar kita tenang dan nyaman dalam menikmati perjalanan mudik, kita perlu menyiapkan tindakan prefentive untuk menghindari kejadian pencurian di rumah kita dan resiko terjadinya kebakaran.

Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk meminimalkan tindakan pencurian di rumah saat kita mudik :

  • Pastikan semua pintu dan jendela rumah dalam keadaan terkunci. Jika diperlukan berikan kunci pengaman ganda pada pintu dan jendela anda. Lemari dan tempat penyimpanan yang berada didalam rumah juga perlu dikunci. Bawa kunci rumah dan jendela anda , bawa serta kunci kendaraan yang anda tinggalkan di rumah , hindari kebiasaan menyimpan kunci di tempat rahasia di sekitar depan rumah anda bagi yang punya kebiasaan meninggalkan kunci di bawah karpet atau tempat rahasia lainnya.
  • Cabut semua alat listrik dari tempat colokan listrik. Pastikan juga selang regulator tabung gas terlepas dari tabungnya untuk menghindari resiko terjadinya kebakaran. Ada baiknya juga melakukan pengecekan terhadap semua keran air, pastikan sudah dalam kondisi tertutup.
  • Hindari hal – hal yang menunjukkan bahwa rumah sedang dalam keadaan kosong. Hal ini bisa mengundang pelaku tindakan pencurian ke rumah anda. Misalnya, Mintalah bantuan kepada tetangga anda atau orang yang bisa dipercaya untuk membersihkan rumah anda selama ditinggalkan sehingga rumah tidak nampak seperti tidak berpenghuni.
  • Pasanglah lampu otomatis di bagian depan rumah anda dan beberapa titik di dalam rumah. Hal ini supaya lampu bisa padam dan menyala secara otomatis saat anda tinggalkan. Selain bisa menghemat konsumsi listrik, lampu yang menyala secara terus menerus siang dan malam bisa mengundang ketertarikan dari pelaku kriminal dan menunjukkan bahwa rumah sedang kosong.
  • Titipkan kunci rumah pada orang yang bisa dipercaya seperti kepala RT setempat atau keamanan lingkungan. Mintalah untuk secara rutin melakukan pengecekan ke rumah anda. Informasikan berapa lama rumah akan anda tinggalkan. Berikanlah nomor anda kepada orang yang anda titipi sehingga anda bisa dihubungi jika ada hal hal yang perlu diinformasikan kepada anda.
  • Hindari perilaku narsis dan pamer mudik saat rumah anda tinggalkan. Saat ini pelaku kriminal sudah banyak yang memanfaatkan informasi teknologi dan sosial media untuk menentukan target mereka. Hindari membagikan informasi di sosial media mengenai kapan anda berangkat, berapa lama anda meninggalkan rumah, siapa saja yang anda tinggalkan di rumah anda. Hal ini sangat membantu pelaku kriminal dalam melakukan kejahatan mereka.
  • Pasanglah pengaman tambahan seperti alarm dan cctv di rumah anda. Saat ini sudah banyak sekali tersedia paket kemanan dengan berbagai harga yang variatif. Pasanglah di beberapa titik yang strategis seperti di pintu gerbang, halaman belakang, dan beberapa titik di dalam rumah anda. Bahkan jika perlu tunjukkan bahwa rumah anda dipasang kamera pengaman cctv, karena terkadang pelaku kriminal akan lebih memilih target yang lebih mudah atau yang tidak terlalu banyak pengamannya.

Semoga langkah langkah prefentive di atas bisa membuat mudik kita akan terasa nyaman dan menyenangkan, jika rumah ditinggalkan sudah dalam kondisi aman.

Penulis : AB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *